Objek Wisata Terkenal di Kebumen Goa Jatijajar

Kalau belum mampir untuk menikmati objek wisatanya, berkunjung ke Kebumen nampaknya belum lengkap Ada banyak objek wisata di kabupaten ini mulai dari benteng peninggalan belanda, goa yang masih alami dan tentunya pantai yang berjejer di sepanjang perbatasan bagian selatan kebumen. salah satu tempat wisata pilihan yang ramai dikunjungi oleh wisatawan adalah Goa Jatijajar.
Goa jatijajar berada di ujung selatan kabupaten kebumen tepatnya di kampung jatijajar kecamatan ayah. Suasana alam yang masih asri ditawarkan oleh goa ini dengan stagtit dan stalagmit khas goa alami yang masih terjaga keindahannya.


Objek wisata ini buka setiap hari dari jam 07.00 WIB sampai jam 18.00 WIB. Harga tiketnya juga ukup terjangkau cuma sebesar Rp. lima belas ribu per orang.
Sebab itu fasilitas di dalamnya juga cukup komplit, ikon wisata kabupaten kebumen, oleh Hal pertama yang sangat diperhatkan dikenal sebagai fasilitas umum, lahan parkir area wisata cukup luas dapat menampung sampai lebih dari 10 bis wisata dan ratusan sepeda motor. Fasilitas umum lainnya seperti toilet juga lumayan tidak sedikit, mushola juga tersedia di dalam area goa jatijajar.

Keindahan goa jatijajar ada pada kealamiannya dan diorama yang terpasang di dalam. Diorama berupa patung patung yang berjumlah 32 buah itu menggambarkan cerita dari Raden Kamandaka – Lutung Kasarung. Mengapa Dioramanya adalah cerita dari Raden Kamandaka? Konon ceritanya goa jatijajar pernah dijadikan tempat bertapa oleh Raden Kamandaka yang mempunyai nama asli Tidak sedikit Cokro tersebut.

Disamping Diorama hal lain yang menarik dari goa jatijajar dikenal sebagai sungai yang ada didalam tanah yang mengalir didalam goa dan bisa pengunjung jangkau untuk merasakan kesegaran air alami yang mengalir deras. Karena letaknya yang tidak mudah dijangkau dan cukup berbahaya, ada 4 sungai didalam goa, tetapi hanya 2  yang bebas dikunjungi oleh wisatawan sedang dua  lainnya tidak dibuka untuk umum

Pergi berlibur tentu mau bawa oleh oleh dan cinderamata. Jangan Khawatir sebab didalam area objek wisata goa jatijajar telah disediakan pasar seni oleh pengelola yang didalamnya banyak penjual jajanan dan cinderamata khas goa jatijajar. Bagaimana? Menarik bukan objek wisata yang 1  ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belajar Budaya Asli Indonesia Di Museum Wayang Sendang Mas Banyumas

Menikmati Destinasi Wisata di Pantai Nusakambangan